Ini Tips yang Harus Diketahui Saat Berkunjung ke Perpustakaan

MAHASISWA terkadang suka bingung harus melakukan apa saat di perpustakaan. Terlebih saat mencari buku referensi yang dibutuhkan. Mereka kebingungan bagaikan berada di supermarket besar namun tak tahu harus mencari kemana bahan makanan yang dibutuhkan.

Nah, berikut adalah tips saat berada di perpustakaan agar merasa lebih nyaman, betah dan maksimal dalam memanfaatkan fasilitas yang ada:

  1. Agar efektif, segera menuju komputer atau buku katalog untuk melihat ketersediaan buku maupun referensi yang diinginkan.
  2. Gunakan kata kunci dari judul referensi yang anda inginkan, atau cantumkan pencarian berdasarkan nama pengarang. Pastikan anda sudah mengetahui referensi subject apa yang anda butuhkan.
  3. Pilihlah posisi yang paling nyaman, yang paling pas pencahayaan, jangan menghadap ke tempat yang silau karena bisa mengurangi konsentrasi anda, dan jangan juga duduk di tempat yang gelap, karena nanti mata anda sakit. Duduklah pula di tempat yang tidak berhadap atau langsung dibawah AC, supaya tidak masuk angin.
  4. Kalau anda ingin menggunakan laptop, carilah tempat duduk yang dekat dengan stop kontak, untuk menghindari habisnya batery laptop anda. Manfaatkan Wifi gratis kalau ada, mintalah address berikut passwordnya pada petugas perpustakaan.
  5. Jika anda sendiri dan ingin belajar menjelang ujian, pilihlah meja yang sendiri-sendiri dan berbilik (kalau ada), hindari duduk di meja besar dengan banyak kursi & orang yang tidak dikenal, karena bisa mengganggu konsentrasi anda.
  6.  Apabila anda berdua atau berkelompok, janganlah berdiskusi sampai berisik menganggu pengunjung lain.
  7.  Letakan buku, majalah atau referensi di meja anda atau meja khusus untuk menaruh buku bacaan setelah dibaca. Taruh atau tumpuk yang rapih.
  8. Kalau anda ingin meminjam referensi untuk dibawa pulang, daftarkanlah dulu, dan kembalikanlah tepat waktu untuk menghindari bayar denda.
  9. Jangan lupa kembalikan ID khusus di tempat pendaftaran & penitipan.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *